Sunday 5 March 2017

karbohidrat

karbohidrat
Ciri umumnya terdiri atom C, H ,O dan rumus empirisnya (CH2O)n.Selain itu,ditemukan dalm bentuk ikatan,bukan gula sederhana(polisakarida, glikoprotein, proteoglikan, mukopolisakarida, asam nukleat).
Fungsi :
1.    Sumber energy
2.    Intermediet dalam biosintesis
3.    Membentuk jaringan structural di tumbuhan dan mikroorganisme
4.    Berperan dalam system immune
Klasifikasi karbohidrat :
1.    Monosakarida             : glukosida , fruktosa
2.    Oligosakarida              : 2-10 sakarida dan yang paling penting disakarida(sukrosa-laktosa)
3.    Polisakarida / glikan    :homopolisakarida(amilum,glikogen,selulosa); heteropolisakarida ; kompleks karbohidrat
Monosakarida : dikenal sebagai gula sederhana.dibagi berdasarkan : jumlah karbon dan ada tidaknya aldoses / ketoses.Example : glukosa gula darah ; fruktosa (paling manis)
Oligosakarida : paling banyak dalam bentuk disakarida. Example : Maltosa (2 glukosa) ; laktosa (glukosa+galaktosa) ; sukrosa ( glukosa+fruktosa).
·         Sukrosa dikenal sebagai gula tablet.Terdapat dalam gula beet (Beta vulgaris L) dan tebu (Saccharum officinarum).
·         Laktosa β-D-galaktosa bergabung dengan α-D-glukosa melalui β (1,4).Disebut gula susu. β-laktosa lebih manis dan lebih larut daripada α-laktosa
                
·         Maltosa terdiri 2 glukosa yang menempel pada α(1,4).Dikenal sebagai malt sugar.Diproduksi dengan hidrolisis amilum dibantu salivary amylase dan pakreas amylase.Ditemukan dalam beer dan malt liquors.Digunakan sebagai nutrisi sebagai pemanis dan reagen fermentasi.Contoh Hordeum vulgare.
 
Polisakarida (kompleks karbohidrat).Ada homoglikan(starch,selulosa,glikogeb,inulin) dan heteroglikan(mukopolisakarida dan gums).
    mukopolisakarida
Ciri-ciri :
1.    Polimer dengan BM lebih dari 200.000
2.    Tidak manis
3.    Tidak mengalami reduksi
4.    Larutan koloid atau suspensi
5.    Glassy
Contoh polisakarida yang homoglikan
·         Amilum : terdiri 10-30% α-amilose dan 70-90% amilopektin.terdapat dalam grains,kentang,peas,beans,wheat.
·         Glikogen disebut juga animal starch.Tersimpan dalam otot dan hati.Menyempurnakan hidrolisis menjadi glukosa.
·         Fiber / serat : ditemukan dalam makanan turunan dari tanaman ( sayur dan buah).Termasuk polisakarida seperti selulosa,hemi selulosa,pectin,gums dan mucilages.termasuk juga non polisakarida seperti lignin (penyusun kayu),kutin dan tannin.Serat bukanlah sumber energy Karena enzim manusia tidak dapat memecah serat.Bakteri di dalam gastro intertinal dapat memecah serat.
Klasifikasi serat berdasarkan kelarutan dalam air :
1.    Serat yang larut : termasuk karet,pectin,beberapa hemiselulosa dan mucilage terdapat buah,oats,barley dan legumes.Aksi dalam tubuh :
·         Menunda pengolahan gastro interstinal (keuntungan kerusakan pencernaan)
·         Menunda absorpsi glukosa (keuntungan diabetes)
·         Menurunkan kolesterol darah (keuntungan dalam sakit jantung)
2.    Serat yang tidak larut : termasuk selulosa , beberapa hemiselulosa,lignin terdapat wheat bran,grain bread,sereal dan sayuran.Aksi dalam tubuh :
·         Mempercepat pengolahan makanan dan pembentukan feses
·         Menurunkan hidrolisis amilum dan menunda penyerapan glukosa (keuntungan untuk diabetes)
            Indeks glikemik adalah area dibawah kurva glukosa darah setelah memakan makanan yang kaya karbohidrat.
            Karbohidrat bukan nutrisi yang diproduksi oleh tubuh(tidak essential) karena skeleton karbon dari asam amin diproduksi oleh tubuh(tidak essential) karena skeleton karbon dari asam amino dapat diubah menjadi glukosa(glukoneogenesis).Disarankan mengonsumsi karbohidrat 130 g/hari untuk dewasa dan anak.Dewasa mengonsumsi 45-65% dari total kalori dari karbohidrat.Diharapkan menggunakan gula tidak lebih dari 25% dari total energy karena gula itu sangat dominan,sehingga nutrisi yang lain tidak terserap.Banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan diabetes,hipoglikemia dan kerusakan gigi.Kebanyakan karbohidrat menyebabkan gemuk.
                 1/3 dari total glikogen disimpan dalam hati dan 2/3 di otot.Saat glukosa darah turun,sel ati akan memecah glikogen menjadi molekul tunggal untuk memasok energy menuju system syaraf pusat dan organ yang lain.Selama itu,sel otot menggunakan glikogen yang mereka simpan sendiri.
                 Glukosa digunakan sebagai sumber energy dengan melakukan glikolisis,yang mengubah glukosa menjadi piruvat.belum membutuhkan O2.1 glukosa menghasilkan 2 ATP dan 2 NADH (aktif saat sudah masuk rantai transport electron).Apabila glukogen habis akan digunakan protein.Body protein akan di pecah menjadi glukosa (glukoneogenesis).Protein digunakan sebagi sumber energy disebut protein sparing action.Lemak dipecah menjadi glukosa dan keton.Kebanyakan keton akan menyebabkan ketosis(keton mengganggu keseimbangan asam dan basa).
                 Karbohidrat diubah menjadi lemak saat simpanan glikogen telah terisi penuh.Homeostasis glukosa darah di jaga oleh insulin (disekresikan saat glukosa darah meningkat) dan glucagon (disekresikan saat glukosa darah turun).
                 Diabetes saat  glukosa darah tinggi karena insulin kurang jumlahnya (tipe 1) atau tidak efektif (tipe 2).Tipe 2 insulin tidak cukup untuk menurunkan gula darah dipicu obesitas.Hipoglikemia saat glukosa darah sangat turun bias disebabkan oleh efek obat anti diabetes.Jarang orang mengalami penyakit ini.Gejalanya lemas,jantung berdetak cepat,sweating,anxiety,trembling.Efek kesehatan dari amilum dan serat menyebabkan melawan kanker seperti kanker kolon.menurunkan kolesterol dan kegemukan.Selain itu,efektif itu melawan diabetes tipe 2 dan juga melawan konstipasi.Glukosa menyuplai syaraf karena syaraf tidak dapat menyediakan glukosa.Glukosa oksidasi disediakan lebih dari 90% energy yang dibutuhkan.Glikogen disediakan di sel glial (astrosit).Metabolize laktat dapat digunakan oleh syaraf.




No comments:

Post a Comment

PENGELOLAAN ALAT KESEHATAN DI RUMAH SAKIT

PENGELOLAAN ALAT KESEHATAN DI RUMAH SAKIT            Berbagai peralatan yang diperlukan di Rumah Sakit seperti alat untuk menginfus da...