Sunday 5 March 2017

Karakteristik Pembasah ( Gliserin, Alkohol, PEG, Propilenglikol)


BAHAN
KADAR
FUNGSI
KARAKTERITIK FISIKA
KARAKTERISTIK KIMIA
KETERANGAN TAMBAHAN
Gliserin
20-30%
Cairan jernih, tidak berwarna, tidak berbau,kental, cairan higroskopis, rasa manis kira-kira 0.6x manisnya sukrosa Kelarutan : dapat campur dengan air dan dengan etanol (95%)p, praktis tidak larut dalam kloroform, dalam eter p, dan dalam minyak lemak.
Gliserin murni tidak mudah teroksidasi pada kondisi penyimpanan biasa tetapi membusuk pada keadaan panas. Campuran gliserin dengan air, etanol dengan propilenglikol merupakan campuran kimia yang stabil. Gliserin membentuk kristal pada temperatur rendah, kristal tidak akan melebur sampai suhu 20ÂșC. Inkompatibilitas dengan oksidator kuat (kromium trioksid, potasium klorat/potasium permanganat). Kontaminan besi di dalam gliserin dapat menimbulkan penggelapan warna dalam campuran yang mengandung fenol, salisilat dan tanin..
Gliserin dapat berfungsi sebagai antimikroba, sweetening agent, humektan, emolient, plastisizer agent, tonicity agent, solvent.
Alkohol
Antimikroba Preservativ Disinfektan skin penetrant,solvent
? 10 % 60-90 %solvent in topical product 60-90 %
Boiling point 78 °C.mudah terbakarkelarutan : larut dalam klorooformgliserin, eter. air
BM 46,07
PEG
Ointment base; plasticizer; solvent; suppository base; tablet and capsule lubricant
.Bentuk cair (400-600) berupa cairan jernih, tidak berwarna atau agak berwarna juning, cairan kental. Memiliki bau dan rasa yang agak pahit, serta sedikit rasa panas. Densitas 1.11–1.14 g/cm3pada 25°C. Surface tension:mendekati 44 mN/m (44 dynes/cm) untuk cairan  polyethylene glycols; mendekati 55 mN/m (55 dynes/cm) untuk  10% b/v aqueous solution polyethylene glycol padat
HOCH2(CH2OCH2)mCH2OH. M adalah jumlah polyoksi etilen.
propilenglikol
Antimicrobial preservative; disinfectant; humectant; plasticizer; solvent; stabilizer for vitamins; water-miscible cosolvent.
Humectant Topicals ?15 % Preservative Solutions, semisolids 15–30% Solvent or cosolvent Aerosol solutions 10–30% Oral solutions 10–25% Parenterals 10–60% Topicals 5–80%
Cairan kental, jernih, tidak berwarna, tidak berbau, rasa agak manis, higroskopis Kelarutan : dapat campur dengan air, dengan etanol (95%)p, dan dengan kloroform p, larut dalam 6 bagian eter, tidak dapat campur dengan eter minyak tanah p, dan dengan minyak lemak.
C3H8O276.09 Propilenglikol stabil pada suhu dingin dan wadah tertutup baik. Pada suhu tinggi dan tempat terbuka cenderung teroksidasi menjadi propionaldehid, asam laktat, asam piruvat dan asam asetat. Stabil dengan etanol (95%), gliserin dan air. Inkomptibilitas dengan potassium permanganat.
Boiling point:
188°C Density:   1.038 g/cm3 at 20°C


No comments:

Post a Comment

PENGELOLAAN ALAT KESEHATAN DI RUMAH SAKIT

PENGELOLAAN ALAT KESEHATAN DI RUMAH SAKIT            Berbagai peralatan yang diperlukan di Rumah Sakit seperti alat untuk menginfus da...