Tuesday 14 March 2017

Andrografolida dari daun sambiloto


Indonesia sebagai salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam, merupakan negara yang sangat potensial dalam bahan baku obat. Terdapat ribuan jenis tumbuhan yang diduga berkhasiat sebagai obat.Sudah sejak lama secara turun temurun dimanfaatkan oleh masyarakat, biasanya selain sebagai obat juga digunakan untuk pencegahan dan pemulihan stamina serta kosmetik.(1)
Sambiloto (Andrographis paniculata) adalah sejenis tanaman herba dari famili Acanthaceae, yang berasal dari India dan Sri Lanka.Sambiloto juga dapat dijumpai di daerah lainnya, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, serta beberapa tempat di benua Amerika.Genus Andrographis memiliki 28 spesies herba, namun hanya sedikit yang berkhasiat medis, salah satunya adalah Andrographis paniculata (sambiloto).Daun sambiloto banyak mengandung senyawa Andrographolide, yang merupakan senyawa lakton diterpenoid bisiklik.Senyawa kimia yang rasanya pahit ini pertama kali diisolasi oleh Gorter pada tahun1911.(1)

Gambar 1. Daun sambiloto(4)
Sambiloto merupakan tumbuhan khas tropis tergolong tanaman terna (perdu) yang tumbuh di berbagai habitat, seperti pinggiran sawah, kebun, atau hutan.Sambiloto memiliki batang berkayu berbentuk bulat dan segi empat serta memiliki banyak cabang (monopodial).Daun tunggal saling berhadapan, berbentuk pedang (lanset) dengan tepi rata (integer) dan permukaannya halus, berwarna hijau.Bunganya berwarna putih keunguan, bunga berbentuk jorong (bulan panjang) dengan pangkal dan ujung lancip.Buah berbentuk memanjang sampai  jorong kecil, bila tua akan pecah menjadi 4 keping, sedang bijinya berbentuk gepeng. Di India bunga dan buah bisa dijumpai pada bulan Oktober atau antara Maret sampai Juli.Di Australia bunga dan buah antara bulan Nopember sampai Juni, sedang di Indonesia bunga dan buah dan ditemukan sepanjang tahun.(1)
Sambiloto tumbuh liar di tempat terbuka seperti kebun, tepi sungai tanah kosong yang agak lembap atau dipekarangan.Perbanyakan tanamanini dengan menggunakan biji atau stek batang.Waktu panen herba sambiloto dipanen sewaktu tumbuhan ini berumur 3-4 bulan setelah tanam, yakni pada saat pertanaman mulai  berbunga.Pemanenan dilakukan dengan cara dipangkas sekitar 15-20 cm di atas permukaan tanah. Setelah dicuci, kemudian dipotong-potong seperlunya lalu dikeringkan.(1)
Tanaman sambiloto diklasifikasikan menjadi Divisi   Angiospermae, Kelas Dicotyledoneae, Subkelas Gamopetalae, Ordo Personales, Familia Acanthaceae, Subfamilia Acanthoidae, Genus       Andrographis Spesies Andrographis paniculata, Ness.syonimnya adalah Justicia stricta, Lamkatau J.paniculata, BurmatauJ.latebrosa, Russ(1)
Di beberapa tempat di dunia tanaman sambiloto dikenal dengan berbagai istilah  diantaranya adalah Ki Oray, Ki Peurat, Takilo (Sunda). bidara, sadilata, sambilata,; takila (Jawa). pepaitan (Sumatra).; Chuan xin lian, yi jian xi, lan he lian (China), xuyen tam lien,; cong cong (Vietnam). kirata, mahatitka (India/Pakistan).; Creat, green chiretta, halviva, kariyat (Inggris).(1)
Kandungan dan Khasiat Tanaman Sambiloto
Tumbuhan sambiloto ini kaya dengan berbagai kandungan zat yang berguna bagi kesehatan manusia. Diantaranya laktone dari cabang dan daun tersebut yaitu berupa deoxy andrographolide, neoandrographolide,14-deoxy-11,12 didehydroandrographolide dan hormoandrographolide. Flavonoid dari akar berupa polimetoxyflavone,andrographin, panicolin, mono-o-methilwithin dan apigenin-7-4-dimethyl ether, alkane, ketone, aldehyde, kalium, kalsium, natrium, dan asam kersik(1). Senyawa identitas dari daun sambiloto ini adalah senyawa andrographolida.
Berdasarkan berbagai literatur hasil penelitian dan pengalaman dari berbagai daerah dan negara, tumbuhan sambiloto dapat mengobati penyakit typus abdominalis, disentri basiler, diare, flu, sakit kepala, demam, panas, radang paru, radang saluran napas, TBC paru, batuk rejan, darah tinggi, infeksi mulut, amandel, radang tenggorokan, kencing manis, kencing nanah (gonorrhoea), kolesterol, asam urat, dan demam(2).
Herba yang termasuk kedalam familia acanthaceae ini selain sebagai antidiabetes, analgetik, dan antipiretik , juga memiliki beberapa khasiat yang sangat bermanfaat bagi manusia, diantaranya adalah sebagai anti racun, anti radang, dan anti bengkak. Obat ini merusak sel tropocyt dan tropoblast berperan dalam kondensasi cytoplasma dari sel tumor, piknosis menghacurkan intiselnya.Tumbuhan ini efektif untuk infeksi dan merangsang phagositosis.Mempunyai efek hipoglikemik, hipoterminan, hepatoprotektor, diuretik, dan antibakteri(1)

Andrograpolida dari Daun Sambiloto
Herba ini berkhasiat bakteriostatik pada Staphylococcus aureus, Psedomonas aeruginosa, Proteus vulgaris, Shigella dysenteriae, dan Escherichia coli. Herba ini sangat efektif untuk pengobatan infeksi, In Vitro, air rebusannya merangsang daya fagositosis sel darah putih. Andrographolida menurunkan demam yang ditimbulkan oleh pemberian vaksin yang menyebabkan panas pada kelinci. Andrographolida dapat mengakhiri kehamilan dan menghambat pertumbuhan trofosit plasenta.Dari segi farmakologi, sambiloto mempunyai efek muskarinik pada pembuluh darah, efek pada jantung iskemik, efek pada resparasi sel, sifat kholeretik, antiinflamasi dan antibakteri. Komponen aktifnya seperti neoandrografolid, andrografolid, deoksiandrografolid dan 14-deoksi-11, 12-didehidroandrografolid berkhasiat  sebagai anti radang dan antipiretik(2).

Gambar 2. Struktur Andrographolida(4)
Daun sambiloto yang memiliki sifat kimiawi berasa pahit, dingin, memiliki kandungan kimia sebagai berikut: daun dan percabangannya mengandung diterpen laktone yang terdiri dari andrographolida, neo andrographolida,deoksi- andrographolida, dehidroandrographolida, flavonoid, tannin dan saponin.Senyawa yang dominan paling aktif adalah andrograpolida. Berdasarkan penelitian andrograpolida ini berkhasiat sebagai antidiabetes, analgesik, antipiretik.Andrographolida sekurangnya-kurangnya 1% dalam daun dan percabangan sambiloto. Andrographolida memiliki sifat  kalmegin, zat amorf dan hablur kuning, pahit sampai sangat pahit(7)
Andrograpolida berkhasiat sebagai analgesik dan antipiretik adalah dengan cara meningkatkan kadar betaendorfin dalam plasma, betaendorfin merupakan suatu neurotransmitter yang dapat berefek analgesik (pereda rasa sakit) dan antipiretik (penurun demam). Dan andrograpolida juga berkhasiat sebagai antidiabetes. Dimana kondisi stres akan dapat mengacaukan metabolisme tubuh sehingga pasien akan sulit mengendalikan kadar gula darah(7).
Andrograpolida berkhasiat untuk menurunkan aktivitas pembentukkan glukosa dari senyawa-senyawa nonkarbohidrat seperti piruvat dan laktat. Dengan begitu kadar gula darah pasien dapat dikendalikan. Kandungan aktif dari tanaman sambiloto terbukti aman, karena berdasarkan jurnal penelitian hasil uji toksisitas akut menunjukkan LD50 sambiloto mencapai 27,5 g/kg/BB artinya herbal itu aman dikonsumsi karena efek toksik hanya muncul pada dosis yang sangat tinggi. Pada pasien dengan berat badan 60 kg akan berefek racun bila mengkonsumsi lebih dari 1,65 kg(7).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 tanaman obat tradisional Indonesia yang diskrining aktivitasantikanker dengan metode HTS, akhirnya diperolehlead compound (senyawa penuntun) yaitu senyawaandrografolida dari herba sambiloto ( AndrographispaniculataNees) yang memiliki aktivitas inhibitorenzim DNA topoisomerase II. Untuk mengembangkanlead compound yaitu senyawa andrografolidamenjadi obat antikanker yang selektif dapat digunakanmetode Selective Apoptosis Antineoplastic Drug (SAAND)(1).
Andrographolida secara umum termasuk ke dalam golongan senyawa terpenoid, khususnya diterpen lakton.Berikut adalah skema jalur metabolisme senyawa terpenoid secara umum, yaitu :


Gambar 3. Jalur metabolisme terpenoid secara umum
Terpenoid dihasilkan melalui jalur asam mevalonat.Terpenoid disusun oleh kelipatan lima dari kerangka karbon dikenal dengan unit isoprena (C5) .Unit-unit ini bergabung secara teratur mengikuti kaidah kepala dari unit yang satu berikatan dengan ekor dari unit yang lain (head and tail combination).Jadi Terpenoid terdiri dari dua atau lebih unit isoprena yang berikatan secara teratur.

Gambar 4. Skema pembentukan diterpen
Isolasi dan identifikasi senyawa andrographolidadari Herba Sambiloto :
Isolasi senyawa andrografolida bisa dilakukan dengan Metode Matsuda, 1994, dan isolasi senyawa andrograpolide dari tanaman sambiloto ini berdasarkan jurnal penelitian yang ada yaitu sebagai berikut:
1.      1.      Pembuatan serbuk herba sambiloto:(1)
Tanaman sambiloto yang telah di panen sesuai ketentuan dibersihkan dengan air, kemudian dipotong-potong dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 40-50 derajat celcius. Setelah kering dihaluskan dengan mesin grinder untuk menghasilkan serbuk kering herba sambiloto
1.      2.      Isolasi dan identifikasi herba sambiloto:(1)
Serbuk herba sambiloto di maserasi dengan metanol pada suhu 60oC selama 24 jam, maserasi dilakukan sampai 5 kali. Hasil maserasi disaring dan dipekatkan dengan rotavapour. Ekstrak kental metanol dipartisikan dengan air dan etil asetat 1:1 dengan menggunakan corong pisah. Fraksi etil asetat dikumpulkan dan diuapkan dengan rotavapour. Andrograpolide yang masih kotor dimurnikan dengan proses rekristalisasi dengan metanol panas / kromatografi kolom dengan eluen kloroform : metanol sehingga terbentuk kristal andrograpolida. Selanjutnya diidentifikasi dengan spektrofotometri FTIR, 1H-13CNMR dan MS serta dibandingkan dengan andrograpolida standar dari Aldrich.


Pertanyaan
1.      konon sambiloto juga termasuk salah satu tanaman yang dipercaya bisa mengobati gigitan ular. benarkah? kalau ya, kira2 bagaimana penjelasan ilmiahnya? apakah kira2 ada hubungannya dengan senyawa andrografolida atau tidak?
ü  Jawab : benar.. ada hubungannya.. kandungan kimia utama dari sambiloto adalah lakton diterpen (bentuk bebas dan bentuk glukosida) meliputi: Andrografolid, deoksiandrografolid, 11,12-didehidroksi-14-deoksiandrografolid, neoandrografolid, andrografisid, deoksiandrografisid dan andropanoside.
ü  Aktivitas Antibisa ular, terbukti dimana Injeksi intraperitonial dari ekstrak etanol tanaman (25g/kg berat badan) pada mencit yang diracuni dengan bisa ular cobra dengan nyata memperlambat terjadinya kegagalan pernapasan dan kematian. Ekstrak yang sama menginduksi kontraksi usus babi pada konsentrasi 2 mg/ml. Kontraksi diperbesar oleh fisostigmin dan dihambat oleh atropin, tetapi tidak berubah oleh antihistamin. Data ini menunjukkan bahwa ekstrak tanaman sambiloto tidak memodifikasi aktivitas pada reseptor nikotinik tetapi menghasilkan aktivitas muskarinik penting, yang memberikan penjelasan pada efek anti bisa ular.

2.     untuk khasiat Andrograpolida menurunkan aktivitas pembentukkan glukosa dari senyawa-senyawa nonkarbohidrat seperti piruvat dan laktat,itu secara tidak langsung dapat membantu oenderita diabetes,apa itu benar atau tidak?kalau benar bagaimana mekanisme untuk menurunkan kadar darah tersebut dijelaskan bahwa senyawa gingerol memiliki banyak gugus hidroksil sehingga bersifat polar.zat pedas gingerol yaitu: (6)-gingerol 60-85%; (4)-gingerol;(8)-gingerol 5-15%, (10)-gingerol 6-22% (12)-gingerol; (6)-methylgingerdiol.

      apa dalam penggunaan zat gingerol ini yang digunakan hanya jenis gingerol tertentu seperti yang dijelaskan diatas atau secara umum gingerol nya???
,ada tidak penjelasan mengenai bagaimana kita mengekstraksi dan isolasi jenis gingerol tertentunya??misalnya kita ingin mengeksatraksi dan isolasi (6)-gingerol???

ü  menanggapi pertanyaan :
untul penggunaan zat gingerolnya yang digunakan adalah zat gingerol secara umumnya,jadi yang bagian-bagiannya hanya sebagai salah satu kandungan di dalamnya,

ü  Berdasarkan beberapa jurnal yang telah saya baca, yang sering digunakan adalah 6- gingerol karena 6-gingerol ini sebagai komponen utama dari jahe. di dalam pertanyaan diatas juga disebutkan kadar dari 6-gingerol tersebut adalah yang terbanyak yaitu sekitar 60-85 %.
dan untuk ekstraksi gingerol tertentunya belum ada penjelasan yang kami temukan,berdasarkan jurnal yang kami temukan ekstraksi gingerol berasal dari ekstraksi oleoresin. dan karena gingerol ini mudah sekali terdekomposisi dan sebagian akan berubah menjadi shogaol pada suhu 45 derajat celcius, sehingga suhunya dibatasi hingga 40 derajat celcius.

1. apakah ada sediaan jadi dari ekstrak ginkgo dipasaran? jika ada mungkin bisa disebutkan dalam bentuk sediaan apa.. terimakasih :)
ü  sediaan jadi dari ekstrak ginkgo dipasaran sudah ada yaitu dalam bentuk kapsul dan tablet, yang berkhasiat untuk meningkatkan ingatan dengan memperlancar sirkulasi darah ke otak sehingga kemampuannya meningkat.
2.      untuk melengkapi jawaban kemarin diskusi mengenai persentase ginkgolida dalam ginkgo biloba.
ü  Pada buku “Medical Natural product : a Biosynthetic Approach, Third Edition” oleh Dewick P.M. tertera bahwa komponen aktif dalam ginkgo biloba yaitu campuran terpenoid dan flavonoid. pada daun kering mengandung (0,1-0,25)% terpens lactones terutama terdiri dari 5 ginkgolida (A,B,C,J dan M) dan bilobalida. bilobalida mengandung (30-40)% dan ginkgolida A mendominasi sekitar 30%, sisanya ginkgolida B,C,J dan M.
3.      apakah sediaan jadi dari ginkgo yang sudah dipasarkan hanya berguna untuk memperlancar sirkulasi darah saja,apakah tidak ada yang lain seperti kegunaan dari ginkgo biloba itu sendiri.kalau ada,apa sediaan yang tersedia dipasaran…
ü  sediaan ginkgo biloba mekanisme kerjanya dengan meningkatkan aliran darah ke otak dan memperlancar sirkulasi darah sehingga berguna untuk meningkatkan daya ingatan, bisa juga sebagai antioksidan bahkan suplemen bagi penderita Alzheimer.
Untuk lebih jelaskan bisa dilihat pada makalah diatas.

1.      Untuk pertanyaan yang belum terjawab:
Pertanyaan: Bakteri apa yang ada di dalam mulut yang mengakibatkan gigi keropos?
ü  Jawab: Streptococus Mutans. Bakteri ini yang akan membuat plak pada gigi kita. Penyebabnya karena mengkonsumsi gula dalam jumlah yang tinggi. Bakteri ini akan memecah gula dan menghasilkan zat-zat yang membantu untuk melekatkan dirinya pada permukaan gigi, sehingga terbentuk plak pada gigi. Untuk lebih jelasnya lihat situshttp://www.tanyapepsodent.com/nanya-nih

2.      mekanisme kurkumin sebagai antikangker
Senyawa turunan fenol (kurkumin) mempunyai efek menghambat premaligan dan maligan sel kangker ketika proses inisiasi dan metatesis. kurkumin sebagai antineoplasmit mempunyai fungsi mengatur aktivitas cyclooxygenase (COX) dan lipoksigenase (LOG) sehingga mengurangi sehingga mengurangi aktivitas metabolisme sel kangker.
Sebagai antikangker pertama-tama kurkumin dikaitkan dengan aktifitasnya sebagai antiinflamasi yaitu inhibitor enzim cyclooxygenase (COX), enzim yang mengkatalisis sintesis prostanoid dari asam arakidonat. Penelitian lebih lanjut menunjukan kurkumin aktif dalam menghambat proses karsinogenesis pada tahap inisiasi dan promosi/progresi. kurkumin juga memiliki efek memacu apoptosis yaitu proses kematian sel dalam rangka mempertahankan integritas tubuh secara keseluruhan.
Dengan adanya inhibitor COX maka overproduksi prostanoid akan dicegah dan akan mengurangi efek inflamasi, dan pada sel kangker hal ini akan mencegah ploriferansi dan memacu apoptosis. proses apoptosis dipicu karena adanya akumulasi asam arakidonat akibat adanya inhibitor COX. Akumulasi asam arakidonat akan mengaktifkan enzim sphingomyclinase yang mengkatalisis pembentukan ceramide dan sphingomyclin. caramide merupakan up regulasi dari proses apoptosis. proses apoptosis ini lazim terjadi secara normal pada sel-sel epitel usus proses ini dipicu adanya overekspresi gen APC (Adenopolymatous Poniposis Coli), namun demikian pada sel-sel kangker telah terjadi alterasi gen AOC maka overproduksi ceramide merupakan alternatif untuk pemacu proses apoptosis.


3.      untuk jalur metabolisme dapat dilihat di http://tinypic.com/r/23qz4pj/5 :)
ü  penggunaan lada :
sebagai stomakik yaitu menambah nafsu makan, karminatif yaitu memperlancar pengeluaran ‘angin’, bumbu masak yaitu sebagai rempah rempah penyedap rasa pada masakan
pada efek farmakologi calamine, merangsang semangat yang dimaksudkan merangsang nafsu makan
khasiat piperin sebagai :
antinociceptive = analgesik, antiinflamasi pada kasus arthritis rheumatoid
fungsi piperin sebagai insektisida terkait dengan rasa panas yang ditimbulkan, diunakan untuk membasmi ulat pada tanaman kol
adapun rangkaian kegiatannya ekstraksi dan isolasi dapat dilakukan dengan :
1. Ekstraksi serbuk buah lada hitam
Ditimbang 20 gram serbuk lada hitam -> Dimasukkan dalam alat penyari soxhlet yang dipasangi kertas saring -> Ditambahkan etanol 96% -> Ditambahkan batu didih -> Dilakukan penyarian selama 1-2 jam(kecepatan 6-8 sirkulasi /jam) -> Didinginkan dan Sari Dipisahkan dengan kertas saring -> Disisihkan sari jernih sebanyak 3ml dalam flakon -> Diuapkan dengan rotary evaporator sampai didapatkan ekstrak kental
2. Isolasi piperin

Di tambahkan 10ml KOH-Etanolik 10% pada ekstrak kental sambil diaduk -> Dipisahkan sari dari bagian yang tak larut melalui glass wool -> Didiamkan sari jernih satu malam dalam lemari pendingin sampai didapatkan kristal -> Dipisahkan kristal yang terbentuk -> Dicuci dengan etanol 96% dingin -> Dikeringkan dengan lemari pengering pada 40 C selama 30-45menit

No comments:

Post a Comment

PENGELOLAAN ALAT KESEHATAN DI RUMAH SAKIT

PENGELOLAAN ALAT KESEHATAN DI RUMAH SAKIT            Berbagai peralatan yang diperlukan di Rumah Sakit seperti alat untuk menginfus da...