Thursday 5 October 2017

soal soal antibiotik

1.      Antibiotik apa yang digunakan untuk kasus Pelvic Inflammatory Disease (PID)?
Jawab:
Buka Dipiro Pharmacotherapy à Ctrl F (“Find” untuk mencari) “Pelvic Inflammatory Disease
            Antibiotik (terapi utama) yang digunakan untuk Pelvic Inflammatory Disease adalah         Cefotetan atau cefoxitin dengan doxycycline

            Alternatif terapi antibiotik lain adalah:
            1. Clindamycin dengan gentamicin
            2. Ampicillin-sulbactam dengan doxycycline
3. Ciprofloxacin dengan doxycycline dan metronidazole

2.      Seorang pasien mengalami operasi total knee-replacement. Operasi berjalan dengan baik. Setelah operasi pasien ini merasa nyeri luar biasa di jempol kaki kiri. Jempolnya bengkak. Pasien ini di diagnosa gout. Dalam riwayat obatnya anda menemukan bahwa obat yang dimum adalah:
Amlodipine 5 mg daily
Bendroflumethiazid 2.5 mg daily
Parasetamol 1 g 4 kali sehari
Adakah obat yang dapat memperparah goutnya?
Jawab:
Buka Drug Information Handbook à Search “Bendroflumethiazid”
Obat yang memperparah keadaan gout pada pasien tersebut adalah Bendroflumethiazid

3.      Seorang wanita di diagnosa terkena Ulcertive Colitis. Doter meresepkan predsol enema. Pasien ini belum pernah menggunakan enema sebelumnya dan merasa khawatir tidak dapat menggunakannnya. Apakah ada bentuk lain dari sediaan tersebut? Apakah kekurangan dan kelebihan masing-masing bentuk sediaan dikaitkan dengan kasus diatas.

4.      Dalam penatalaksanaan asma dikenal Stepwish Approach. Apakah step 5 dalam tatalaksana ini?
Jawab:

5.      Seorang wanita hendak menyusul suaminya yang bertugas di Meksiko. Dia mendengar di berita tentang merebaknya virus Zika dan khawatir dengan kondisi suaminya. Apa yang bisa anda rekomendasikan terkait hal ini?
Jawab:

6.      Anda adalah apoteker yang di Komite Farmasi dan Terapi di RS tempat anda praktik. Anda diminta mencari informasi tentang keuntungan dan kerugian Fixed-dose combination (golongan obat antihipertensi, antikolesterol, dan antiplatelet) dalam terapi penyakit kardiovaskular.
Jawab:

7.      Seorang turis Amerika sedang berkunjung ke Bali. Beliau mengkonsumsi Ecotrin untuk artritisnya dan lupa membawa persediaan. Beliau pergi ke apotek tempat praktik anda. Apa yang anda lakukan?
Jawab:
Buka Drug Information Handbook à pada kolom search ketik “Ecotrin”
Ecotrin merupakan nama dagang dari aspirin. Apabila turis Amerika tersebut datang ke apotek, maka akan diberi aspirin yang mungkin dengan merk dagang lain dengan di sertai dengan KIE.

8.      Seorang wanita darang ke apotek anda membawa resep berisi cefadroksil untuk faringitis yang dideritasnya. Ibu ini sedang hamil dan bertanya kepada anda, apakah obatnya aman.
Jawab:

9.      Apakah gejala dan tanda Idiopathic Trombocytopenia purpura?
Jawab:
Buka sciencedirect.com à lalu masukkan keyword “Symptom of Idiopathic Trombocytopenia purpuraà pilih “Acute Idiopathic Thrombocytopenic Purpura in an Ederly adult: a case study.à copy link tersebut à buka sci-hub.io à masukkan link tersebut untuk membuka jurnal.
Pada umumnya gejala yang timbul meliputi petechiae yang tidak jelas, purpura, ekimosis, pendarahan gingival, pendarahan retina, tanda-tanda pendarahan GIT, pendarahan bullae pada membrane mukosa, pendarahan yang spontan (apabila jumlah trombosit <20.000/mm3), dan pendrahan intracranial dengan kmungkinan gejala neurologis. Pasien mungkin tidak menunjukkan gejala dan hanya dapat di diagnosa dari data lab rutin.

10.  Apakah first line terapi pada kasus Atrial Fibrilation dengan mengguakan rate control strategi?
Jawab:
Buka sciencedirect.com à masukkan keyword “First Line Therapy in Cases of Atrial Fibrillation Using Rate Control Strategy” à pilih “Rate Control versus Rhythm Control in Atrial Fibrillation: Lessons Learned from Clinical Trials of Atrial Fibrillation” à copy link jurnal tersebut à lalu buka sci-hub.io à masukkan link tersebut untuk membuka jurnal.

Digoksin tidak selalu menjadi first line terapi untuk rate control, tetapi mungkin dapat di kombinasi dengan beta blocker dan atau calcium channel blocker (non-dihidropiridin).

No comments:

Post a Comment

PENGELOLAAN ALAT KESEHATAN DI RUMAH SAKIT

PENGELOLAAN ALAT KESEHATAN DI RUMAH SAKIT            Berbagai peralatan yang diperlukan di Rumah Sakit seperti alat untuk menginfus da...